BLOG

Di
Fitur AC dalam mobil berfungsi sebagai temperatur untuk membuat suhu didalam kabin menjadi lebih dingin dan sejuk. Namun, disisi lain tidak jarang pemilik kendaraan yang mengabaikan kebutuhan untuk melakukan layanan servis AC mobil agar performanya tetap stabil dan awet.

Dan faktanya proses perbaikan servis AC merupakan salah satu layanan servis yang termahal. Perbaikan AC pada mobil setidaknya dilakukan selama 1-2 tahun sekali, mengingat musim panas yang panjang di Indonesia setiap tahunnya.

Dan berikut beberapa pertanyaan seputar layanan servis AC pada mobil.

1. Jika AC mobil masih dingin, apakah tetap harus melakukan servis?

Iya. Udara yang keluar dari ventilasi mungkin cukup dingin untuk membuat suhu lebih sejuk, namun tidak berarti bahwa sistem tersebut berkerja dengan performa yang baik. Pasalnya penurunan performa AC sampai 20 persen akan tetap membuat udara cukup dingin.

Jika Kamu menunggu sampai AC berhenti mendingin, itu akan memperparah kerusakan pada AC mobil.

2. Apakah saya harus membeli beberapa pon refrigeran mahal?

Tidak. Saat memperbaiki AC mobil, umumnya bengkel yang baik mengosongkan semua refrigerant dan membersihkannya serta menghilangkan minyak yang terperangkap. Kemudian menggunakan kembali refrigeran dan ditambahkan jumlahnya untuk pengisian penuh. Biasanya Kamu hanya membayar untuk jumlah tambahan yang dibutuhkan.

3. Mengapa tidak menunggu sampai AC berhenti berfungsi untuk memperbaiki AC?

Refrigeran di AC mobil Kamu bekerja seperti oli pada mesin, yaitu dengan mendinginkan dan melumasi kompresor. Faktanya, refrigeran membawa oli yang dibutuhkan untuk melumasi kompresor.

Saat sistem kehabisan refrigeran, jumlah oli yang dibawa ke kompresor berkurang, dan jumlah panas yang dapat dibawa oli dan refrigeran dari kompresor menurun.

Mengoperasikan A C dengan refrigeran rendah sama seperti menjalankan mesin dengan sedikit oli. Ini akan menyebabkan kerusakan yang parah dengan biaya yang cukup tinggi.

4. Dapatkah saya membeli freon untuk mengisi ulang sendiri pada AC mobil?

Bukan ide yang bagus! Mengisi daya sistem secara berlebihan dapat menyebabkan lebih banyak kerusakan daripada menjalankannya dengan daya rendah. Tekanan meningkat dengan cepat saat sistem diisi pada daya berlebih dan dapat menyebabkan kerusakan kompresor, kebocoran pada segel dan bahkan kegagalan inti kondensor atau evaporator.

Satu-satunya cara yang tepat untuk mengisinya adalah dengan memulai mengkosong dan mengisi cairan dari nol ke volume yang tepat sesuai kebutuhan Mobil. Tentu saja ini dilakukan oleh teknisi dan bengkel yang profesional.

5. Mobil saya adalah mobil baru, haruskah tetap memperbaiki AC?

Kami merekomendasikan setiap dua tahun untuk mobil yang berusia hingga 5 tahun, dan setiap tahun setelah itu.

Seringkali pada mobil berusia 2 tahun, kita akan menemukan penurunan sistem sekitar 12 persen dari level yang ditentukan. Pada mobil tua, umumnya diperlukan sevis setiap tahun untuk mengurangi resiko kebocoran AC yang parah.

6. Berapa biaya servis AC mobil? Berapa lama proses servis dilakukan?

Sebuah service AC tidak butuh waktu lama untuk melakukannya,  biasanya dapat dilakukan saat Kamu menunggu. Estimasi biaya yang perlu dikeluarkan biasanya di bawah 1 juta. Ini dapat menyelamatkan Kamu dari perbaikan AC mobil yang sangat mahal.

Demi kenyamanan dan kesejukan di dalam mobil, pastikan Kamu melakukan servis AC dengan baik. Untuk menemukan layanan servis AC yang berkualitas dapat dilihat melalui website ‘Tune Up Indonesia’, platform yang memudahkan Kamu untuk mencari layanan servis kendaraan yang mudah dan terpercaya. Perjalanan Kamu pun akan lebih nyaman dan aman, tanpa rasa khawatir.

0

Di

Tune-up pada mobil adalah jenis servis yang mungkin terlihat ambigu, karena pendapat masing-masing orang yang berbeda terhadap jenis layanan ini. Beberapa pemilik kendaraan menyebut tune-up sebagai salah satu pemeriksaan rutin, untuk memastikan kendaraan dan mesin dalam kondisi yang baik.

Dan disisi lain, beberapa menyebutkan tune-up sebagai peningkatan performa dan penyetelan mesin, yang melibatkan perubahan pada serangkaian komponen.

Dan berikut, Kami akan menguraikan definisi dari tune-up pada mobil, serta kapan waktunya Kamu membutuhkan layanan ini.

Apa itu tune-up pada kendaraan?

Tune up merupakan kegiatan perawatan mobil yang dijadwalkan secara berkala (biasanya kisaran 6 bulan atau setahun sekali). Inspeksi mencakup pemeriksaan visual komponen sistem bahan bakar mesin, untuk memastikan bahwa filter bahan bakar bersih dan tidak tersumbat. Serta tidak ada kerusakan yang terjadi pada pompa bahan bakar. Selain itu, komponen injektor bahan bakar juga dibersihkan.

Adapun komponen pemeriksaan terdiri dari: busi, katup PCV engine (uap gas), filter udara, level oli, dan cairan pendingin. Pemeriksaan servis tune-up ditujukan untuk memastikan performa kendaraan menjadi lebih baik, dan tidak jarang membutuhkan pengantian beberapa item parts.

Demikian informasi seputar tune-up pada mobil yang perlu diketahui. Demi kenyamanan selama berkendara, pastikan Kamu melakukan tune-up dengan. Untuk menemukan layanan tune-up yang berkualitas dapat dilihat melalui website ‘Tune Up Indonesia’, aplikasi yang memudahkan Kamu untuk mencari layanan servis kendaraan yang mudah dan terpercaya. Perjalanan Kamu pun akan lebih nyaman dan aman, tanpa rasa khawatir.

2

Di

One more thing that could help you to start to live green is to begin walking a bit more.
Etiam sed mattis ipsum. Duis lorem augue, hendrerit a ultricies in, consequat sed elit. Aenean libero risus, porta vitae aliquam id, vehicula a metus. Cras nec convallis libero. Nullam sit amet lorem lectus. Aenean eget lacus tristique, dignissim eros ut, ornare diam. Aenean nec sapien finibus, posuere magna lobortis, posuere augue. In non pellentesque ligula. Praesent blandit consectetur risus, sit amet rutrum risus facilisis quis.